Selasa, 25 Januari 2011

Casey Stoner

Casey Stoner adalah pembalap asal Australia yang dulunya memulai karir balap dari usia dibawah 9 tahun. Pembalap yang lahir di Southport, Queensland, Australia 25 tahun lalu ini, masuk ke ajang GP di kelas 125cc pada tahun 2003 silam.

Sebenarnya Stoner  sudah mulai menjejali ajang GP125cc pada tahun 2001 sebagai pembalap wild card. Dan pada tahun 2002 Stoner langsung terjun di kelas 250cc bersama Lucio Cecchinello, yang menjadi pemilik tim LCR Honda saat ini.


Namun dalam setahun ini, Stoner tidak mampu sedikitpun naik ke atas podium. Dan hanya bisa menyelesaikan musim di posisi terakhir 12. Tahun 2003 dan 2004, ia kembali ke kelas GP125cc dan meraih mencetak beberapa podium. Kemudian naik kembali ke kelas GP250cc setahun berikutnya, dan mencetak posisi runner up di akhir klasemen.


Hal inilah yang membuat Cecchinello tertarik untuk merekrut Stoner ke ajang MotoGP bersama tim LCR Honda. Namun Stoner tidak bisa berbuat banyak, karena di kelas ini, ia hanya bisa jatuh bangun di lintasan, dan terhitung sebanyak 6 kali ia terjatuh pada tahun tersebut.


Saat ia direkrut oleh tim Ducati, Stoner langsung mencetak kemenangan pertamanya bersama tim tersebut di seri pertama. Yang paling menakjubkan lagi adalah karena rekor kemenangan terbanyak dalam semusim, mampu dipecahkan oleh Stoner untuk pertamakalinya.


Stoner merupakan satu-satunya pembalap yang langsung klop dengan karakter motor Ducati yang terkesan liar. Menurut banyak sumber, karena Stoner berasal dari ajang balap Motocross, makanya Stoner tidak menemui kesulitan dalam mengendarai motor berkarakter liar seperti Ducati. Stoner pun menyisakan 30 kemenangan bagi tim Ducati sebelum hengkang ke tim Honda.


Tahun 2011, Stoner kembali menggunakan motor Honda, namun kali ini bernaung di bawah tim pabrikan. Kabarnya, Stoner berani hengkang ke Honda, karena mantan manager teknis tim Ducati yaitu Livio Suppo berada di tim Ducati.


Data lengkap Casey Stoner
:
-    Nama lengkap : Casey Stoner
-    Kebangsaan : Australia
-    Tempat dan tanggal lahir : Southport Queensland, Australia, 16 Oktober 1985
-    Tim saat ini : Repsol Honda Team
-    Nomor motor : 27
-    Jumlah seri GP : 144
-    Jumlah kemenangan GP : 30
-    Juara dunia GP : 1 kali (MotoGP 2007)

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

Calender MotoGP 2011

Berita Populer