Masih seperti tahun lalu, motor Honda RC212V lebih ringan dibandingkan dengan dua kompetitornya, Yamaha YZR-M1 dan Ducati Desmosedici GP11. Ducati dan Yamaha memiliki bobot 150 kilogram, sementara Honda RC212V hanya 148 kilogram. Dimensinya juga terlihat lebih kecil.
Namun, untuk urusan kecepatan, Honda sudah membuktikan lebih cepat dibandingkan Yamaha, Ducati maupun Suzuki pada sesi tes musim dingin hingga free practice pertama, Jumat (18/3/2011) dini hari WIB.
Perbedaan lain Honda dengan Yamaha maupun Ducati adalah dari sistem pendingin mesinnya. Ducati dan Yamaha menggunakan sistem cairan pendingin (liquid cooled) sementara Honda menggunakan pendingin udara (air cooled).
Secara umum, Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso akan mendapat motor yang sama. Hanya saja, motor Dovizioso akan sedikit berbeda karena masih akan menggunakan suspensi depan dan sistem pengereman konvensional.
Sementara, Stoner dan Pedrosa akan menggunakan menggunakan motor dengan teknologi baru sepenuhnya, termasuk suspensi Ohlins dan disc brake Brembo. Mari sedikit mengintip 'jeroan' Honda RC212V.
Spesifikasi mesin Honda RC212V
Mesin: DOHC 4 tak, 4 silinder, Inline dengan pendingin udara (air cooled).
Kapasitas: 800cc
Tenaga Maksimal: 230 tenaga kuda
Kecepatan Maksimal: 340 kilometer per jam
Transmisi: Manual 6 percepatan
Karburasi: Fuel injection
Sistem Pelumasan: Wet sump
Pembakaran: Digital CDI
Suspensi: Fork depan Ohlins dan shock belakang Ohlins
Ban: Bridgestone
Rem: Dua disc brake depan Brembo 320 mm dan satu disc brake belakang
Berat: 148 kg
Tidak ada komentar:
Posting Komentar