Senin, 25 Juli 2011

MotoGP Jepang Tetap Digelar Sesuai Jadwal



MotoGP di Jepang tetap digelar sesuai jadwal. Kepastian ini didapat usai FIM dan Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP mengatakan bahwa kondisi di Negeri Sakura sudah aman.

Seperti diberitakan sebelumnya, seri MotoGP Jepang pada tahun ini masih menggantung. Pada rencana awal, MotoGP Jepang sebenarnya mendapat alokasi waktu tanggal 24 April lalu. Namun, bencana gempa dan tsunami yang menghantam Negeri Sakura membuat Dorna menundanya hingga tanggal 2 Oktober.

Namun, masalahnya tak berhenti sampai di situ saja. Sejumlah pembalap seperti Casey Stoner dan Jorge Lorenzo enggan pergi ke Jepang karena mengkhawatirkan efek radiasi nuklir reaktor Fukushima, yang mengalami kebocoran usai gempa.

Selanjutnya CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengatakan pihaknya telah menugaskan tim independen untuk melakukan investigasi terhadap situasi teraktual di Jepang. Dia menjamin balapan di Motegi cuma akan dilaksanakan kalau keamanan pembalap terjamin.

Dalam pengumuman di situs resmi MotoGP, Senin (25/7/2011) diungkapkan bahwa hasil penelitian tim independen menunjukkan tidak ada sesuatu yang mengkhawatirkan di sana.

"ARPA, agensi yang kami tunjuk untuk menyusun laporan tersebut, telah mengukur level radiasi dari semua sumber termasuk dari udara, lingkungan, dan makanan. Kesimpulan akhir adalah bahwa berdasarkan estimasi maka bisa dikatakan tidak ada diragukan lagi bahwa risiko radiasi selama gelaran balapan adalah dapat diabaikan," demikian keterangan bersama dari FIM dan Dorna.

Laporan tersebut masih berupa laporan awal, ada pun detilnya akan dirilis pada akhir pekan ini.

"Berdasarkan dari laporan itu maka FIM dan Dorna Sports akan mengumumkan pada akhir pekan ini bahwa, merujuk pada tidak adanya insiden serius, maka GP Jepang akan digelar pada 2 Oktober, sesuai jadwal."

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

Calender MotoGP 2011

Berita Populer