Selasa, 07 Februari 2012

Ducati Tanggapi Aturan Penambahan Bobot Motor di MotoGP

Beberapa waktu yang lalu Casey Stoner mengeluhkan tentang keterlambatan pengesahan peraturan penambahan bobot minimal untuk motor yang digunakan dalam berkompetisi di MotoGP yang berlaku sejak 1 Januari 2012. Membaca kritikan Stoner terhadap perubahan yang cukup berpengaruh terhadap RC213V miliknya, bos tim Ducati, Vittoriano Guareschi memberikan komentarnya. Peraturan awal menyebutkan kalau bobot minimal motor 1000cc haruslah 153 kg, akan tetapi regulasi tersebut direvisi setelah tes off season di Valencia dan mendapat penambahan berat 4 kg menjadi 157 kg yang berlaku mulai awal 2012. Hal ini tentu mempengaruhi desain motor 1000cc sejumlah pabrikan yang telah mengembangkan motor dengan bobot minimal 153 kg sebelum off season test Valencia, kecuali tim pabrikan Ducati yang terlambat dan baru mengembangkan motor terbaru Ducati GP12 (bobot di atas 157 kg) pada akhir tahun 2011. Ini berarti, perubahan aturan yang mendadak tersebut tidak terlalu merepotkan tim pabrikan Ducati yang mendesain ulang GPZero yang mereka uji coba di Valencia untuk disulap menjadi GP12 yang diklaim 90% mengalami perubahan. Akan tetapi, menanggapi kritikan Stoner yang seakan menyindir perubahan aturan tersebut untuk menguntungkan pihak lain, Vittoriano Guareschi dengan senang menjelaskan, “Aturan ini tidak dibuat untuk kami, tetapi untuk (mempermudah) tim-tim CRT. Karena mereka mempergunakan mesin berbasis produksi yang memang lebih berat daripada mesin prototype. Sulit bagi mereka untuk mendekati batasan 153 kg. Selain itu, aturan ini juga membantu untuk mengurangi biaya, karena beberapa material khusus tak lagi dipakai untuk mengurangi berat motor.” Untuk tahun 2013, rencananya akan kembali terdapat penetapan bobot minimal menjadi 160 kg. Guareschi melanjutkan, “Sungguh, lebih mudah bagi kami untuk beradaptasi dengan peraturan baru tersebut. Karena desain kami telah selesai sebelum Natal, dan untuk itu kami tidak perlu melakukan modifikasi proyek yang sudah ada.” Lain Ducati, lain Honda dan Yamaha. Wakil presiden HRC Shuhei Nakamoto baru-baru ini telah mengatakan kalau perubahan bobot sedikit saja memerlukan pekerjaan dan biaya tambahan. Hal ini pula yang diyakini memperparah problem getar yang dikeluhkan oleh Casey Stoner dan Dani Pedrosa. Akan tetapi permasalahan tersebut tidak menjadi gangguan besar bagi Ducati. Guareschi menambahkan, “Kami tidak mendapati vibrasi yang berarti khususnya Rossi yang terlihat kebal terhadap masalah ini. Tahun lalu Hayden mengalami masalah itu namun Valentino tak pernah merasakannya. Saya tak yakin mengapa hal itu terjadi, mungkin akibat gaya balapnya atau rasa sensitifnya terhadap kerja motor. Tapi dia jarang mengalami problem getar.”

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

Calender MotoGP 2011

Berita Populer