Selasa, 14 Februari 2012

Nicky Hayden: Layak Dipertahankan

Tahun 2012 ini menjadi musim keempat Nicky Hayden di tim Ducati MotoGP. Dengan demikian ia telah menjadi rider ketiga yang bisa bertahan di tim Italia itu lebih dari tiga musim berturut-turut setelah Loris Capirossi (5 musim) dan Casey Stoner (4 musim). Apakah semua itu lantaran “sifat mengalah” serta bagian dari strategi bisnis?



Layak DipertahankanTahun 2011 lalu banyak pengamat menilai Hayden adalah orang yang sangat cocok menjadi team-mate Valentino Rossi. Ia memiliki tipikal yang serupa dengan Colin Edwards. Bukan karena sama-sama berasal dari Amerika tentunya. Nicky dianggap pas mendampingi Rossi karena ia termasuk pekerja keras, bisa menjadi teman diskusi The Doctor di paddock tetapi bukan lawan yang membahayakan di track.



Selain itu, ada juga yang beranggapan The Kentucky Kid dipertahankan oleh Ducati karena alasan bisnis. Bukan rahasia kalau Amerika merupakan negara tujuan export utama pabrikan Ducati. Tapi benarkah juara dunia MotoGP 2006 itu bertahan di Ducati hanya karena alasan tersebut?

Mungkin kedua faktor di atas memang punya peranan mempertahankan Hayden di Ducati namun tentu bukan cuma itu alasannya. Bagaimanapun prestasi Hayden bersama Ducati tak bisa dianggap remeh. Setidaknya ia selalu berhasil naik podium di setiap musim.

Tapi apakah Nicky masih bisa bertahan untuk musim 2013?

Ini yang masih belum bisa diperkirakan saat ini. Semua akan sangat tergantung pada hasil yang dicapai musim 2012 ini, terutama perbandingan prestasinya dengan Rossi. Jika musim ini GP12 benar-benar mampu tampil kompetitif dan prestasi Rossi jauh lebih baik, itu bisa berarti lampu kuning buat Nicky. Tetapi jika prestasinya tidak berbeda jauh seperti musim 2011 lalu kans-nya untuk tetap menjadi rider pabrikan Ducati masih akan terbuka lebar.

Sayangnya, Hayden mengawali tahun 2012 ini dengan kurang beruntung. Ia terkendala cedera yang membuatnya tak bisa menjalani sesi test secara maksimal. Semoga saja operasi terakhir yang dijalani mampu membuatnya segera pulih sebelum kompetisi di musim 2012 benar-benar dimulai. Seperti para pembalap pabrikan lainnya, hasil pada musim 2012 akan sangat menentukan nasibnya untuk musim depan karena kontrak akan segera berakhir.

Jika Hayden kembali menandatangani kontrak bersama Ducati untuk tahun 2013, ia akan menjadi rider Ducati kedua yang membela tim merah selama lima musim berturut-turut (setelah Capirossi). Namun jika ia tersingkir, sepertinya akan sangat sulit baginya mendapat tempat di tim pabrikan lain. Nicky nggak akan mungkin kembali ke tim Repsol Honda yang sudah ditinggalkannya sejak musim 2009 lalu, sementara peluangnya ke Yamaha juga sangat tipis. Hayden menjadi rider yang diharapkan tim garpu tala sembilan tahun yang lalu, bukan saat ini.

Sumber : http://www.motogp-mania.com/

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

Calender MotoGP 2011

Berita Populer