Selasa, 25 Januari 2011

Nicky Hayden

Nicky Hayden adalah pembalap MotoGP asal Amerika yang sudah delapan tahun malang melintang di balap MotoGP sejak tahun 2003 lalu. Pembalap kelahiran Owensboro, Kentucky USA ini, merupakan salah satu pembalap MotoGP yang juga pernah menyicipi karir di lintasan off road. Tidak heran jika ia dijuluki dengan Kentucky Kid.

Pada tahun 1999, Hayden menjadi pembalap dirt track dan meraih gelar Rookie of the year. Bahkan pada tahun yang sama, Hayden juga yang juga mengikuti AMA Superbike dan menjadi pemenang di tahun tersebut, langsung menyabet gelar Athlete of the year.


Kiprah Hayden di ajang dirt track atau motocross, berlangsung hingga tahun 2002. Bahkan di tahun yang sama, Hayden menjalani beberapa ajang balapan, termasuk di Springfield TT Race. Dimana pada balap kali ini ia meraih kesuksesan yang sangat besar, karena Hayden bersaudara (Nicky, Tommy dan Roger) mampu naik podium bersama dalam satu event.


Setelah memenangkan titel juara AMA Superbike Championship di tahun yang sama, setahun kemudian, Hayden pun langsung di kontrak oleh tim Repsol Honda di MotoGP dan langsung menyabet posisi 5 di klasemen akhir musim.


Hayden hengkang ke Ducati pada tahun 2009 dan meraih hasil terburuk dalam sejarah karir balapnya di MotoGP. Hayden hanya mampu mengamankan posisi 13 di akhir musim. Tapi setahun kemudian ia mulai menunjukkan peningkatan yang berarti dan finis di posisi ketujuh klasemen akhir musim.


Baru tahun 2011 ia kembali reuni dengan mantan rekan setimnya pada saat ia memulai karir di MotoGP, yaitu Valentino Rossi.


Data lengkap Nicky Hayden
:
-    Nama lengkap : Nicky Hayden
-    Kebangsaan : Amerika
-    Tempat dan tanggal lahir : Owensboro, Kentucky, USA, 30 Juli 1981
-    Tim saat ini : Ducati Marlboro Team
-    Nomor motor : 69
-    Jumlah seri GP : 134
-    Jumlah kemenangan GP : 3
-    Juara dunia GP : 1 (kelas MotoGP)

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

Calender MotoGP 2011

Berita Populer