Selasa, 29 Maret 2011

Jerez Tak Ramah untuk Stoner



Jakarta - Casey Stoner tampil dominan pada seri pembuka di Sirkuit Losail. Meski didukung motor mumpuni, jagoan Honda itu mungkin akan kesulitan di MotoGP Spanyol karena punya catatan buruk di Jerez.

Stoner bukan saja menjadi peraih podium pertama pada MotoGP Qatar pekan lalu. Pembalap asal Australia itu sebelumnya menyapu bersih ketiga sesi latihan bebas, menjadi pemilik pole position dan mencatatkan diri sebagai pembalap dengan catatan waktu tercepat.

Kondisi tersebut, ditambah catatan bagus yang dibuat Stoner-Honda sepanjang ujicoba pra musim, membuat mereka dijagokan akan mampu mempertahankan keunggulan atas lawan-lawannya. Namun untuk akhir pekan ini Stoner akan menghadapi perjuangan yang tak mudah untuk meneruskan apa yang sudah dia mulai di Losail.

Sejak pertama turun ke kelas MotoGP pada tahun 2006 Stoner belum sekalipun jadi juara di Jerez. Jangankan jadi kampiun, untuk naik ke podium saja pembalap asal Australia itu baru sekali melakukannya yakni pada musim 2009 saat dia finis ketiga.

Perjuangan Stoner bakal makin sulit karena pembalap-pembalap tuan rumah akan jadi ancaman utama buatnya. Rekan setimnya Dani Pedrosa dan sang juara dunia dari Yamaha Jorge Lorenzo jadi pesaing serius Stoner sepanjang akhir pekan ini.

Sebagai catatan, musim lalu dua pembalap Spanyol berhasil menjejak podium tertinggi. Lorenzo jadi juara dan Pedrosa di posisi dua.

Dari seluruh pembalap yang akan berlaga di Jerez, Valentino Rossi bisa dibilang merupakan pembalap yang paling paham dengan kondisi lintasan sepanjang 4,423 km tersebut. The Doctor sudah enam kali menjadi juara MotoGP Spanyol sejak turun di kelas premier.

Namun peluang Rossi menambah jumlah kemenangannya di Jerez jelas tak mudah. Masih bermasalah dengan cederanya pembalap Ducati itu juga dianggap belum mampu beradaptasi maksimal dengan Desmosedici GP11.

By : MotoGp Indonesia Community blogspot

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

Calender MotoGP 2011

Berita Populer