Senin, 18 April 2011

Ben Spies Punya Kemampuan Kembangkan YZR-M1


LONDON - Bos tim satelit Yamaha, Monster Tech 3 Team, Herve Poncharal mengatakan, kalau mantan pembalapnya Ben Spies memiliki kemampuan teknik dan pengembangan motor pacuan. Sehingga ia yakin Spies yang kini bergabung di tim pabrikan Yamaha bakal membawa motornya tetap tampil dominan di ajang MotoGP 2011.

Kepindahan Spies dari tim satelit ke tim inti tentunya akan membawa perubahan besar dalam pengembangan pacuan mesin YZR-M1. Apalagi sejak musim lalu, pembalap AS itu juga sudah merasakan motor yang sama dengan tim Monster Tech 3. Sebelumnya untuk pengembangan pacuan M1, Yamaha mengandalkan kemampuan pembalapnya juara dunia MotoGP tujuh kali Valentino Rossi.

Namun pada musim ini The Doctor telah pindah dan bergabung dengan tim Italia Ducati. Namun menurut Poncharal, Yamaha tak akan terlalu kehilangan Rossi dalam hal pengembangan. Karena hal itu bisa diisi dengan keberadaan Spies, pembalap asal Texas di tim tersebut.

Tim berlambang garpu tala ini pasti akan bekerjasama dengan dua pembalapnya Spies dan juara dunia 2010 Jorge Lorenzo untuk pengembangan motor, terutama untuk menatap balapan pada 2012, dimana saat itu akan dikenalkan motor pacuan empat tak dengan kapasitas 1000cc.

Pihak Yamaha saat ini sedang melakukan uji coba untuk motor tahun 2012 di Jepang. Pada saat yang bersamaan Spies juga akan memainkan perannya untuk pengembangan mesin pacuan 800 cc 2011, sekaligus penyetelan M1.

“Ben (Spies) adalah tipe pembalap yang akan pergi dari garasi saat balapan baru saja usai. Ia akan mencoba menjelaskan pada kita apa yang ia rasakan saat memacu motornya, dan apa yang menurutnya harus dilakukan supaya motor jauh lebih kencang,” kata Poncharal.

Ia mengaku dengan kehadiran Spies, tak bisa dibilang pembalap itu lebih hebat dari Rossi dalam kemampuan pengembangan. “Namun Ben memiliki kemampuan untuk mengembangkan motor yang mampu membantunya memenangi balapan,” ujar Poncharal

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

Calender MotoGP 2011

Berita Populer