Selasa, 25 Januari 2011

Colin Edwards

Salah satu pembalap veteran di kelas MotoGP dan masih menjadi pilihan setia tim Tech3 adalah Colin Edwards. Lahir di Houston, Texas, Amerika 36 tahun lalu, tidak membuat Edwards merasa minder. Bahkan dengan pengalaman yang dimilikinya, ia rela kontraknya diperpanjang di tim satelit Yamaha, kendati ia sudah ingin pensiun di akhir musim 2010 lalu.

Sebenarnya Colin Edwards sudah memulai karirnya di ajang balap roda dua, sejak ia masih berusia 14 tahun, tepatnya pada tahun 1988 di ajang mini motocross. Tapi seiring berjalannya waktu, Edwards dan ayahnya memutuskan untuk berhenti dari ajang balapan ini, dan mulai melirik ajang balap road race.


Hingga akhirnya tahun 1992 ia berhasil masuk secara resmi sebagai pembalap di AMA 250cc National Series, dan langsung memenangkan 5 dari 9 seri balapan saat itu. Tidak heran jika setahun kemudian ia direkrut tim Yamaha di AMA Superbike dan langsung meraih posisi 6 di klasemen akhir musim 1993, dan posisi 5 di akhir musim 1994.


Setahun setelahnya, Edwards pun ditarik ke ajang yang lebih tinggi lagi yaitu WSBK bersama tim Yamaha. Selama di WSBK, Edwards hanya dua tahun bersama tim Yamaha, dan hengkang ke tim Honda selama 6 musim hingga tahun 2002, dan meraih dua titel juara dunia dan dua posisi runner up.


Tahun 2003 adalah tahun pertama Edwards di ajang balap motor prototipe. Sayangnya selama meniti karir di MotoGP, Edwards tidak sekalipun mampu meraih kemenangan. Posisi terbaik yang bisa diraih oleh Edwards hanya podium ketiga dari rentang 2005 hingga 2008. Sementara dua tahun terakhir, Edwards tak lagi pernah mengoleksi kemenangan podium.


Data lengkap Colin Edwards
:
-    Nama lengkap : Colin Edwards II
-    Kebangsaan : Amerika
-    Tempat dan tanggal lahir : Houston, Texas, Amerika 27 Februari 1974
-    Tim saat ini : Tech3 Yamaha
-    Nomor motor : 5
-    Jumlah seri GP : 137
-    Jumlah kemenangan GP : Belum pernah
-    Juara dunia GP : Belum pernah

Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

Calender MotoGP 2011

Berita Populer